Sang Ideolog Surya Paloh : Pancasila Hidup Matinya NKRI

Foto: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam orasinya saat kampanye akbar “NasDem for Jokowi 2019” yang digelar Minggu (7/4/2019) sore di Stadion Wikrama Mandala, Kabupaten Karangasem.

Balinetizen, Karangasem

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kembali mengingatkan betapa pentingnya segenap elemen bangsa Indonesia untuk menjaga ideologi negara Pancasila.

Hal ini disampaikan  Surya Paloh dalam orasinya saat kampanye akbar “NasDem for Jokowi 2019” yang digelar Minggu (7/4/2019) sore di Stadion Wikrama Mandala, Jalan Vetran, Jalur 11 Karangasem, Kabupaten Karangasem.

Upaya menjaga Pancasila ini sangat penting bagi masa depan NKRI. Terlebih belakangan muncul kelompok-kelompok yang ingin mengusik Pancasila dan menggantinya dengan ideologi lain.

“Artinya kalau ada yang tawarkan alternatif ideologi lain yang tidak sejalan dengan Pancasila, apa yang harus kita lakukan?,” tanya Surya Paloh kepada belasan ribu massa yang tampak bersemangat.

“Lawan! Lawan! Lawan!!!,” teriak belasan ribu warga yang hadir dalam kampanye akbar ini penuh keyakinan dan komitmen untuk ikut di garda terdepan menjaga ideologi Pancasila.

Surya Paloh yang dijuluki “Sang Ideolog” ini menegaskan pihak-pihak atau kelompok-kelompok yang ingin mengusik Pancasila haruslah dilawan.

“Memang kita harus lawan itu. Sebab ini (Pancasila-red) adalah hidup matinya NKRI,” tegas Surya Paloh.

Persatuan dan Kesatuan Bangsa Lebih Penting dari Apapun

Ia pun kembali menyerukan segenap elemen bangsa Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Baginya persatuan bangsa lebih penting terjaga dari kepentingan apapun apalagi kepentingan pribadi maupun kelompok. “Kepentingan nasional kita adalah jaga persatuan dan kesatuan bangsa,” imbuhnya.

Persatuan dan kesatuan itu akan tetap terjaga selama Pancasila kokoh sebagai ideologi NKRI. Kata Surya Paloh, Pancasila adalah sebuah mahakarya yang digali para pendiri bangsa dari bumi persada tanah air Indonesia. Ideologi yang original untuk menjaga seluruh tatanan kehidupan kebangsaan bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga :
TNI-Polri Distribusikan 30.000 Paket Sembako untuk Warga Solo

“Ideologi Pancasila adalah alat pemersatu bangsa. Maka saya ingatkan kita harus jaga Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara. Kita adalah kita dalam semangat keIndonesian,” ajak Surya Paloh.

Dalam kampanye akbar “NasDem for Jokowi 2019” Surya Paloh hadir bersama jajaran DPP Partai NasDem seperti Ketua DPP Partai NasDem Wily Aditya dan Nafa Urbach caleg  NasDem untuk DPR RI dapil Jawa Tengah VI.

Hadir juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya, Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa yang sekaligus Ketua Komando Pemenangan Wilayah (Kopemwil) Jokowi- Amin Partai NasDem Provinsi Bali  dan jajajaran.

Hadir pula Ketua DPD Partai NasDem se-Bali salah satunya Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem IGA Mas Sumatri serta ribuan kader dan caleg NasDem se-Bali  yang berbaur bersama belasan ribu massa pendukung NasDem dan Jokowi dari seluruh Bali. (wid)

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.