Bupati Tabanan Dukung Persatuan Membangun Krama Desa Adat Sangulan

                              

                                            

Balinetizen.com, Tabanan-

 

Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM secara berkesinambungan serta tiada henti-hentinya memberikan dukungan kepada masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Apalagi, pembangunan tersebut dilandaskan berdasarkan konsep satu jalur serta kebersamaan dan semangat gotong-royong yang tinggi dari masyarakat, pihaknya beserta jajaran selalu menyempatkan diri hadir di tengah masyarakat.

Seperti halnya ditunjukkan kali ini, Senin, (5/9) siang, Bupati Sanjaya bersama Ketua dan anggota DPRD, Sekda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat dan unsur Forkopimcam Kediri, menghadiri undangan Karya Agung Tawur Balik Sumpah, Padudusan Agung, Menawa Ratna, Mamungkah, Melaspas, Ngenteg Linggih, Ngusaba Desa yang diselenggarakan di Pura Desa, Desa Adat Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kediri, Tabanan. Nampak juga,  Brigjen Pol Nengah Wiratmaja, Perbekel, Bendesa Adat, serta tokoh masyarakat setempat turut hadir menyambut kedatangan Bupati beserta jajaran.

Dalam Kesempatan ini, Bupati Tabanan mengaku sangat bangga dan  bahagia bisa hadir di tengah-tengah masyarakat. Meskipun di tengah pandemi, tidak menjadi halangan bagi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya diberikan Sanjaya, karena telah mengorganisir upacara/upakara ini dengan baik sekali. “Dan kita lihat, baru saya masuk ke dalam parahyangan ini, tamannya sangat bagus sekali, begitupun candinya sangat megah sekali, sangat agung sekali. Ini sangat mengagumkan bagi saya maupun bagi Pemerintah terhadap pelaksanaan upacara ini. Ini sangat luar biasa,” imbuh Sanjaya.

Terwujudnya Karya ataupun pembangunan yang luar biasa, Sanjaya sangat yakin pasti didasari atas ketulusan dan semangat gotong-royong dari masyarakat serta seluruh elemen masyarakat menyatu dalam mensukseskan pembangunan. Ini mencerminkan Desa Adat Sangulan dalam melaksanakan pembangunan selalu mengedepankan semangat tersebut dan sangat sesuai dengan visi Pemkab Tabanan dan juga konsep satu jalur dari Pemprov Bali. Untuk itu, Bupati Sanjaya beserta jajaran tak segan-segan memberikan bantuan dan dukungan kepada masayrakat.

Baca Juga :
Klungkung Bentuk Komunitas Kicau Burung

Selain itu, Sanjaya juga memiliki keyakinan yang sangat besar dengan persatuan yang ditunjukakkan oleh masyarakat dalam membangun, selalu berdasarkan semangat gotong-royong, serta menyatu dengan pemerintah. “Tetep jaga soliditas dan konsep satu jalur ini, baik di Pusat, Provinsi, Kabupaten juga Desa. Apapun itu, tetap dijaga konsep satu jalur ini karena azas manfaatnya sudah sangat luar biasa sekali. Kalau ini tetap dijalankan, apalagi pembangunan ini tidak pernah berhenti, baik di parahyangan, pawongan, palemahan. Tahun depan ataupun tahun berikutnya, astungkara, tiang tidak akan pernah berhenti membantu masyarakat titiang disini di Desa Adat Sangulan,” tegas Sanjaya dihadapan seluruh krama dan hadirin saat itu.

Terkait dukungan dan bantuan Bupati beserta jajaran terhadap pihaknya, Ketua Panitia Ketut Suardika, mewakili masyarakat Desa Adat Sangulan, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati beserta jajaran atas dukungan dan doanya. Sebelumnya dikatakan juga, bahwa Puncak Karya akan dilaksanakan pada rahina Buda Manis, Rabu 7 September 2022 mendatang, dimana kegiatan ini diselenggarakan atas telah rampungnya pembangunan. Disampaikan juga, selain bantuan dari pemerintah, donatur, dan lainnya, sebagai wujud sradha bhakti masyarakat terhadap sesuhunan, pihaknya juga urunan Rp. 3,5 juta per KK untuk melaksanakan pembangunan serta upacara saat ini.

Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.