Bali Siap Sambut Tahun Baru 2024: Fokus Pengamanan di GWK dan Pantai Kuta

 

Balinetizen.com, Denpasar

Kepolisian Daerah Bali, dalam persiapan menyambut tahun baru 2023, telah menggelar rapat kesiapan di Gedung Rupatama Polda Bali pada Jumat, 29 Desember 2023.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., melalui zoom meeting, dihadiri oleh jajaran Polda Bali dan Kapolres/Ta jajaran.

Kapolda Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, menegaskan fokus pengamanan pada tempat wisata, terutama di malam pergantian tahun baru 2024. Dua titik utama yang menjadi perhatian adalah Garuda Wisna Kencana (GWK) dan Pantai Kuta.

Garuda Wisnu Kencana akan menjadi tuan rumah untuk “GWK Countdown Tahun 2024,” sementara di Pantai Kuta, pemerintah Kabupaten Badung akan mengadakan acara spesial. Polda Bali dan Polres jajaran akan mendistribusikan ribuan personel dalam operasi lilin agung, operasi mantap brata, dan operasi penembalan, dengan wilayah Polresta Denpasar dan Polres Badung mendapat dukungan dari Polda Bali.

Pengamanan di Polresta Denpasar melibatkan 688 personel, ditambah backup dari Polda Bali sebanyak 361 personel. Total 1.049 personel akan ditempatkan di titik-titik strategis seperti Grand Zero dan Pantai Kuta. Pada GWK Countdown 2024, 200 personel akan terlibat, termasuk 133 personel Polda Bali, 10 personel Polresta Denpasar, dan 57 personel dalam Operasi Manta Brata Agung.

Pola pengamanan GWK Bali Countdown 2024 terbagi menjadi tiga ring, mencakup area inti kegiatan, akses masuk/gate, dan jalur menuju GWK. Selain itu, penambahan 171 personel akan ditempatkan di empat titik pusat keramaian, termasuk Catur Muka, Lapangan Bajra Sandhi, Taman Kota Lumintang, dan Pantai Kuta.

Polresta Denpasar dan Polres Badung akan mendapatkan backup tambahan dari unit-unit seperti rainmas Ditsamapta, anti-anarkis Satbrimob, bintara remaja polres, dan regu Gegana Satbrimob. Kapolda Bali juga memastikan ketersediaan personel Power On Hand untuk mendukung operasi.

Baca Juga :
Sambut Hari Bapak Pandu Sedunia, Pramuka SMA N 1 Blahbatuh Kunjungi Panti Asuhan

Kabid Humas Polda Bali KBP. Avitus Panjaitan S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan pengamanan malam Tahun Baru 2024, akan dilakukan apel kesiapan dan pengecekan di halaman Mapolda Bali dan Central Parkir Kuta. Pengamanan acara GWK Bali Countdown 2024 akan dipimpin langsung oleh Kapam Dansat Brimob Polda Bali KBP. Firdaus Wulandto, S.I.K. (Tri Prasetiyo)

Leave a Comment

Your email address will not be published.